Iklan

Sentra Layanan Ultra Mikro: Solusi Keuangan untuk 1,6 Juta Nasabah PNM Mekaar

Monday 23 September 2024, 11:48 WIB Last Updated 2024-09-23T04:45:23Z


Sentra Layanan Ultra Mikro: Solusi Keuangan untuk 1,6 Juta Nasabah PNM Mekaar

JAKARTA – Holding antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus meningkatkan akses layanan keuangan bagi pelaku UMKM, terutama segmen ultra mikro sejak 13 September 2021. Memasuki usia tiga tahun, Holding Ultra Mikro (UMi) mencatatkan berbagai pencapaian positif untuk meningkatkan inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Indonesia, khususnya kelompok prasejahtera.

Dengan Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM), inklusi keuangan melalui pembukaan rekening Simpedes UMi tersebut telah mencapai pembukaan 16 juta rekening dan 1,6 juta nasabah PNM Mekaar naik kelas menggunakan produk Pegadaian dan BRI.

Sekretaris Perusahaan PNM, L. Dodot Patria Ary menyampaikan manfaat yang dirasakan sejak adanya Holding Umi bagi pendapatan nasabah PNM Mekaar.

“Ada 388.000 ketua kelompok nasabah yang mendapat penghasilan tambahan dengan bergabung menjadi Agen BRILink Mekaar. Bagi ibu-ibu prasejahtera, ini sangat berpengaruh terhadap ekonomi mereka,” ungkap Dodot, Sabtu (21/9/2024).

Dengan menjadi Agen BRILink Mekaar, mereka membantu tetangga sekitar untuk mendapat akses keuangan yang lebih mudah dijangkau.

Seperti yang dialami oleh Ibu Sudiah nasabah PNM Mekaar Lampung. Sebagai penjual kerupuk, Ia merasa butuh usaha lain untuk mendapat penghasilan tambahan. Tahu goreng pun menjadi pilihan tambahan untuk berjualan dan semakin gigih Sudiah mengembangkan usahanya.

Sebagai ketua kelompok, PNM memfasilitasinya untuk menjadi Agen BRILink Mekaar. Keuntungan menjadi Agen BRILink Mekaar membuatnya mendapat penghasilan lebih yang berimbas pada peningkatan usahanya. “Sejak punya penghasilan tambahan itu saya kelola sampai bisa biayain anak kuliah dan memberikan pekerjaan ke tetangga kanan kiri untuk bantu menjalankan usaha saya yang semakin banyak pesanan,” ujar Sudiah.

Tak hanya itu, Sudiah juga merasa senang dapat membantu warga di sekitar tempat tinggalnya yang membutuhkan bantuan untuk setor/tarik tunai, transfer uang, top up e-money dan sebagainya. “Di sini bank itu jauh, jadi pas tahu saya jadi Agen BRILink tetangga pada senang bisa transfer lewat Agen BRILink saya,” imbuhnya. Sudiah juga merasa bersyukur dengan ekosistem Holding UMi yang terintegrasi membuatnya juga mengenal investasi dengan mulai menabung tabungan emas di Pegadaian.
Komentar

Tampilkan

  • Sentra Layanan Ultra Mikro: Solusi Keuangan untuk 1,6 Juta Nasabah PNM Mekaar
  • 0

Terkini

Topik Populer